Mengungkap Rahasia Pamali atau Pantangan

Selasa, 14 Desember 2010 , Posted by Yushar PutraBone at 12/14/2010 10:31:00 AM

Beberapa suku dan adat yang ada di indonesia mempunyai kebiasaan Pamali atau pantangan yang berbeda beda. Biasanya Pamali/pantangan tersebut sering diungkapkan oleh orang tua kepada anaknya atau kepada sanak saudaranya.
Namun sebenarnya Pamali-pamali tersebut diungkapkan demi kebaikan anak2nya tersebut. Tapi kita tentu belum semua tahu apa sebenarnya rahasia dibalik kata-kata pamali tersebut. 
Mari kita lihat contoh contoh Pamali dan apa sebenarnya rahasia dibaliknya:
  • Katanya kalau menduduki bantal, nanti bisa Bisulan, Padahal Sebenarnya Orang tua melarang kita duduk dibantal supaya bantalnya tidak rusak atau kempes.
  • Katanya, Jangan berbaring di lapangan, nanti di langkahin setan, hehehe, padahal Orang tua melarang kita baring dilapangan, karena kalo baring dilapangan bisa gatal dan baju kotor.
  • Katanya, Jangan membuang buang Nasi, nanti nasinya nangis, Padahal Orang tua melarang kita membuang nasi, untuk mengajarkan kita bagaimana agar tidak mubazzir dan mensyukuri pemberian Allah.
  • Katanya, Kalau habis makan, piringnya di sirami air walaupun sedikit, agar rezekinya tidak pernah kering, Padahal Piring disirami air agar piringnya tidak susah dicuci karena kering oleh nasi.
  • Katanya, Jangan menghina orang cacat, nanti keturunannya juga seperti itu, padahal hal itu berguna agar kita mengerti bagaimana saling menghargai antar sesama manusia,
  • Katanya, jangan melamun dipagi hari, nanti kesambet, ini berguna agar kira tidak membiasakan bermalas malasn di pagi hari, alias pagi pagi cari rezeki dooong...
Sebenarnya masih banyak lagi pamali Orang tua, namun tidak bisa saya jelaskan semua di sini.
Tapi Pamali pamali tersebut jangan anda hiraukan,  karena mungkin ada benarnya juga,,, jadi yang sudah menjadi pantangan turun temurun oleh orang tua kita, harusnya tetap dilestarikan.. karena meskipun pamali itu hanyalah ironi, tapi sebenarnya sangat berguna bagi kehidupan kita,,

Untuk melihat kebudayaan bugis dapat anda klik di sini
untuk membaca berbagai artikel telekomunikasi dapat anda lihat di sini

Teman-teman, saya ada rekomendasi tempat belanja hemat dan mudah, klik aja di sini

Currently have 2 comments:

  1. Anonim says:

    itulah kebudayaan di negara ini. ngomong pada ga jelas alias muter2 ga bisa to the point.

  1. Anonim says:

    namanya juga pantangan bro, percaya gak percaya sih...
    yg penting ada gunanya

Leave a Reply

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails